Perbaikan Jalan Tanjung Selor-Tanah Kuning Rp400 M 

  • Bagikan
Bupati Bulungan, Syarwani.

FAJAR, TANJUNG SELOR — Pemkab Bulungan menerima suntikan anggaran sebesar Rp 400 miliar dari pemerintah pusat. Dana ini untuk perbaikan ruas jalan rusak dari Kecamatan Tanjung Selor menuju Tanjung Palas Timur.

Bupati Bulungan, Syarwani mengatakan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen-PUPR) akan melakukan intervensi untuk penanganan ruas jalan Tanjung Selor-Tanjung Palas Timur dengan anggaran sebesar Rp 400 miliar melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Berbagai cara kita upayakan untuk mengusulkan ke ke Kementerian PU. Alhamdulillah, tahun ini bisa ditangani,” kata Syarwani. 

Diharapkan, dengan adanya proyek pekerjaan jalan ini. Delapan desa di Tanjung Palas Timur. Yaitu, Binai, Mangkupadi, Pura Sajau, Sajau, Sajau Hilir, Tanah Kuning, Tanjung Agung dan Wonomulyo dapat terkoneksi secara maksimal. Sehingga mampu meningkatkan perputaran ekonomi masyarakat.

“Kita berharap konektivitas yang terganggu selama ini dapat teratasi dan masyarakat tidak kesulitan dalam beraktivitas,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU-PR) Bulungan, Khairul mengatakan, pekerjaan ruas jalan Tanjung Selor-Tanjung Palas Timur akan didanai melalui APBN.

“Kami tidak mengetahui teknis pelaksanaan pekerjaan pembangunan jalan tersebut karena proyek ini dilaksanakan oleh Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN). Oleh karena itu, BPJN-lah yang lebih memahami hal-hal teknis pada proyek ini,” ungkapnya.

BPJN kemungkinan akan melanjutkan pekerjaan pengaspalan pada beberapa bagian ruas jalan yang belum beraspal. Namun, tidak semua ruas jalan bisa ditangani karena kebutuhan anggaran  cukup besar.

“Anggaran yang dialokasikan melalui APBN sebesar Rp 400 miliar. Jadi, belum semua ruas jalan dapat ditangani, karena kebutuhan anggaran untuk penanganan ruas jalan Tanjung Selor-Tanjung Palas Timur lebih dari Rp 400 miliar,” ujarnya.

Menurutnya, pembangunan jalan memiliki efek positif dan signifikan terhadap perekonomian, infrastruktur dan transportasi di wilayah tersebut. Sehingga, meskipun anggarannya besar, proyek bulungan ini adalah suatu kebutuhan yang harus dipenuhi untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

Untuk itu, Pemda Bulungan dan pemerintah pusat akan  terus berkolaborasi dalam upaya meningkatkan kualitas jalan dan memperbaiki infrastruktur transportasi di berbagai wilayah. “Iya, kita akan terus bersinergi dengan pemerintah pusat,” pungkasnya.(JPG/FAJAR)

  • Bagikan