RSUD Jusuf SK Maksimalkan Penerapan Program Prioritas Kemenkes

  • Bagikan

FAJAR, TARAKAN — RSUD dr H Jusuf SK terus mengoptimalkan pelayanan kesehatan untuk masyarakat. Terutama yang menjadi atensi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Saat ini ada 10 program prioritas nasional untuk layanan kesehatan bagi Kemenkes menjadi acuan di RSUD Jusuf SK. Penerapannya bertahap, hingga dapat mencakup seluruh target layanan yang diberikan oleh Kemenkes.

Wakil Direktur Pelayanan RSUD Jusuf SK, dr Budi Azis B, Sp.SK mengatakan. Awalnya program prioritas nasional mencakup 4 pelayanan. Namun kini sudah berkembang menjadi 10 prioritas layanan, yang menjadi acuan RSUD Jusuf SK.

!0 prioritas layanan tersebut, kata dia, meliputi kanker, kardiovaskular, stroke, uronefrologi, kesehatan ibu dan anak, respirasi dan tuberkulosis, gastrihepatologi, diabetes melitus, infeksi emerging, dan kesehatan jiwa.

“Ini membuat kami harus menjalankan program tersebut secara bertahap dengan tetap memprioritaskan 4 layanan yang pertama dicanangkan. Saat ini beberapa layanan sudah berjalan,” bebernya kepada FAJAR beberapa waktu lalu.

Misalnya saja untuk layanan sudah ada 21 unit alat yang melayani 24 jam. Pihaknya juga berupaya untuk terus mengembangkan jumlah mesin cuci darah dan pengembangan ruangan yang bekerja sama bersama berbagai pihak.

“Lalu seperti layanan Kanker saat ini RSUD Jusuf SK sdh melayani Kemoterapi dan ditanggung biayanya oleh BPJS. Begitu juga dengan Uronefrologi,” tambahnya. (*)

  • Bagikan