Sematkan Tali Kendit dan Lencana, Gubernur Zainal Paliwang Kukuhkan 40 Anggota Paskibraka Kaltara

  • Bagikan

FAJAR, TANJUNG SELOR — Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Drs, H. Zainal A. Paliwang, S.H., M.Hum. kukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kaltara melalui upacara pengukuhan di Ruang Serbaguna Lantai 1 Gedung Gabungan Dinas (Gadis) Pemprov Kaltara pada, Minggu (13/8/2023) siang.

Hadir dalam upacara pengukuhan kali ini, Wakil Gubernur (Wagub) Kaltara Dr. Yansen TP, M.Si., Sekretaris Provinsi (Sekprov) Dr. H. Suriansyah, M.AP, Forkopimda, unsur Pemerintah Provinsi, serta orang tua wali anggota Paskibraka.

Sesaat sebelum dikukuhkan oleh Gubernur, Paskibraka Kaltara mengikrarkan diri dengan membacakan Ikrar Putra Indonesia dihadapan Bendera Merah Putih yang disaksikan seluruh peserta upacara.

Selanjutnya Gubernur Zainal mengukuhkan Pakibraka Kaltara dengan menyematkan tali kendit dan lencana secara simbolis.

Paskibraka yang berjumlah 40 putra putri terbaik Kaltara akan mengibarkan bendera merah putih di Lapangan Agatis saat peringatan Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 2023.

Dalam amanatnya, Gubernur menyampaikan selamat kepada Paskibraka telah dikukuhkan.

“Ananda sekalian merupakan putra putri terbaik Kalimantan Utara yang akan mengibarkan bendera merah putih nanti pada tanggal 17 Agustus 2023,” ucap Gubernur Zainal Paliwang.

Gubernur mengatakan bahwa Paskibraka merupakan penerus semangat dari pengibar bendera pusaka pertama kali yaitu Abdul Latief Hendraningrat, Suhud Sastro Kusumo, dan Surastri Karma Trimurti.

“Paskibraka Kaltara telah melalui proses seleksi yang ketat serta pelatihan yang panjang, maka tidak salah saya menyebut putra putri terbaik penerus semangat dari Latief Hendraningrat dan 2 lainnya saat mengibarkan bendera pusaka sang saka merah putih untuk pertama kalinya,”’lanjut Gubernur.

Paskibraka tidak hanya tentang menaikkan dan menurunkan Merah Putih, melainkan juga tentang penanaman nilai kebangsaan, cinta tanah air, dan rela berkorban untuk bangsa dan negara.

“Ananda semua mencerminkan kader pemimpin masa depan. Ananda telah diseleksi dengan mekanisme dan pendidikan pelatihan yang menanamkan nilai-nilai kebangsaan. Oleh karena itu tanamkan prinsip rela berkorban demi keutuhan bangsa Indonesia seperti pahlawan pendahulu kita,” tandas Gubernur Zainal.

Terakhir, Gubernur Zainal Paliwang mengingatkan kepada Paskibraka agar menyiapkan diri dan menjaga kesehatan.

“Ingatlah, Ananda sekalian akan menjadi pusat perhatian saat pelaksaan upacara. Jadikan ini menjadi motivasi untuk memberikan yang terbaik bagi Indonesia,” tutup Gubernur.

Upacara ditutup dengan pemberian ucapan oleh seluruh tamu undangan kepada Paskibraka Kaltara tahun 2023. (*)

  • Bagikan